Yulia Amira Blogs !!

Cara Kerja Mesin Dua Langkah

Cara Kerja Mesin Dua Langkah - Selamat datang di blog Yulia Amira !!, Info kali ini adalah tentang Cara Kerja Mesin Dua Langkah !! Semoga tulisan singkat dengan kategori Mesin !! Motor !! Otomotif !! ini bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. Dan untuk anda yang baru berkunjung kenal dengan blog sederhana ini, Jangan lupa ikut menyebarluaskan postingan bertema Cara Kerja Mesin Dua Langkah ini ke social media anda, Semoga rezeki berlimpah ikut di permudahkan sang khalik yang maha kuasa, Selengkapnya lansung lihat infonya dibawah -->


Pada bagian awal dijelaskan bahwa mesin dua langkah hanya memerlukan satu kali putaran poros engkol untuk menyelesaikan satu siklus di dalam silinder. Usaha (langkah tenaga) dihasilkan pada setiap putaran poros engkol.

Mesin Dua Langkah Dalam Bentuk Sederhana

Pada mesin dua langkah campuran udara bahan bakar dikompresikan dua kali setiap putaran. Kompresi pertama (kompresi pendahuluan di dalam crankcase). Campuran ditarik kedalam crankcase dan dikompresikan, selanjutnya masuk kedalam ruang pembakaran.

Kompresi kedua (kompresi di dalam silinder dan ruang pembakaran). Campuran yang dikompresi sangat mudah dinyalakan dan terbakar sehingga menghasilkan tekanan yang tinggi. Campuran yang dikompresikan di dalam crankcase mengalir ke dalam silinder melalui lubang transfer mendorong sisa-sisa gas pembakaran keluar dari silinder dan ini disebut langkar transfer.

Secara jelasnya cara kerja mesin dua langkah diperhatikan dibawah ini:

Proses


Langkah Isap dan Kompresi

  • Setengah putaran pertama atau 180⁰
  • Piston bergerak dari TMB ke TMA
Penjabaran lankah dan gambar

Di bawah piston

Sewaktu piston bergerak keatas menuju TMA ruang engkol akan membesar dan menjadikan runag tersebut hampa (vakum). Lubang pemasukan terbuka. Dengan perbedaan tekanan ini, maka udara luar dapat mengalir dan bercampur dengan bahan bakar di karburator yang selanjutnya masuk ke runag engkol (disebut langkah isap atau pengisian ruang engkol.

Langkah Isap dan Langkah Kompresi

Di atas piston

Disisi lain lubang pemasukan dan lubang buang tertutup oleh piston, sehingga terjadi proses langkah kompresi disini. Dengan gerakan piston yang terus ke atas mendesak gas baru yang sudah masuk sebelumnya, membuat suhu dan tekanan gas meningkat. Beberapa derajat sebelum piston mencapai TMA busi akan melentikkan bunga api dan mulai membakar campuran gas tadi (langkah ini disebut langkah kompresi.


Langkah Usaha dan Buang

  • Setelah putaran ke dua atau 360⁰
  • Piston bergerak dari TMA ke TMB
Penjabaran langkah dan gambar

Di atas piston

Ketika piston mencapai TMA campuran gas segar yang dikompresikan dinyalakan oleh busi. Gas yang terbakar mengakibatkan ledakan yang menghasilkan tenaga sehingga mendorong piston memutar poros engkol melalui connecting rod sewaktu piston bergerak ke bawah menuju TMB (langkah usaha).

Beberapa derajat setelah piston bergerak ke TMB lubang buang terbuka oleh kepala piston, gas-gas bekas keluar melalui saluran buang (langkah buang).

Langkah Usaha dan Langkah Buang

Di bawah piston

Beberapa derajat selanjutnya setelah saluran buang dibuak, maka saluran bilas (saluran transfer) mulai terbuka oleh tepi piston. Ketika piston membuka lubang transfer segera langkah pembuangan telah dimulai. Gas baru yang berada dibawah piston terdesak, campuran yang dikompresikan tersebut mengalir melalui saluran bilas menuju puncak ruang bakar sambil membantu mendorong gas bekas keluar (proses ini disebut pembilasan).

Ringkasan materi :

1. Titik mati atas (TMA) adalah tempat berhentinya piston bergerak pada bagian atas silinder.
2. Titik mati bawah (TMB) adalah tempat berhentinya gerak piston di bagian bawah silinder.
3. Pada ¹/₂ putaran poros engkol pertama (180⁰) dari TMB ke TMB
- Di bawah piston : langkah isap atau pengisian ruang engkol
- Di atas piston : langkah kompresi
4. Pada ¹/₂ putaran poros engkol berikutnya (360⁰) dari TMA ke TMB
- Di atas piston : langkah usaha dan langkah buang
- Di bawah piston : Pembilasan
- Prinsip pembilasan dinamakan dengan pembilasan berputar yaitu: lubang transfer berada di kanan dan di kiri saluran knalpot. Udara segar masuk bersamaan melalui kedua lubang tersebut yang berada berlawanan didinding cylinder dan membelok ke atas. Kemudian aliran berputar ke bawah ke lubang pengeluaran mendorong gas sisa pembakaran keluar dari cylinder.

Keuntungan dan Kerugian Mesin Dua Langkah

a. Keuntungan :
  • Proses pembakaran terjadi setiap putaran poros engkol, sehingga putaran poros engkol lebih halus untuk itu putaran lebih rata.
  • Tidak memerlukan klep, komponen part lebih sedikit, Perawatan lebih mudah dan relatif murah.
  • Momen puntir untuk putaran lanjutan poros lebih kecil sehingga menghasilkan gerakan yang halus.
  • Bila dibandingkan dengan mesin empat langkah dalam kapasitas yang sama, tenaga yang dihasilkan lebih besar.
  • Proses pembakaran terjadi 2 kali, sehingga tenaga lebih besar.
b. Kerugian :
  • Langkah masuk dan buang lebih pendek, sehingga terjadi kerugian langkah tekanan kembali gas buang lebih tinggi.
  • Karena pada bagian silinder terdapat lubang-lubang, timbul gesekan antara ring piston dan lubang akibatnya ring piston akan lebih cepat aus.
  • Karena lubang buang terdapat pada bagian silinder maka akan mudah timbul panas.
  • Putaran rendah sulit diperoleh.
  • Konsumsi pelumas lebih banyak.
Sepeda motor yang menggunakan mesin dua langkah :
- Yamaha RX King
- Yamaha RX S
- Yamaha Alfa
- Suzuki Tornado GS
- Vespa Super
- Vespa PX
- Suzuki Tornado GX

Ciri-ciri umum sepeda motor mesin dua langkah :
- Sistem pelumasnya dicampurkan kedalam bensin maka gas buang mesin dua langkah berwarna putih.
- Suara mesin lebih halus karena setiap dua langkah terjadi satu kali pembakaran bensin.
- Pemakaian bahan bakar lebih boros.
- Menggunakan dua fungsi pelumasan yaitu untuk melumasi ruang engkol, piston, dan dinding silinder serta untuk melumasi transmisi.
- Memiliki dua buah ring piston, yaitu ring kompresi pertama dan ring kompresi kedua.

Diagram Port Timing

Gerak keatas dan kebawah dari piston akan membuka dan menutup lubang pemasukan, pembuangan dan lubang transfer yang berada pada silinder, peristiwa ini diselesaikan diruang pembakaran (diatas piston) dan didalam crankcase (dibawah piston). Terbuka dan tertutupnya lubang tersebut ditentukan oleh posisi dan ukuran lubang itu. Peristiwa terbuka dan tertutupnya lubang-lubang itu diistilahkan dengan port timing.



Demikianlah Artikel Cara Kerja Mesin Dua Langkah, Semoga dengan adanya artikel singkat seperti Informasi postingan Cara Kerja Mesin Dua Langkah ini, Anda benar benar sudah menemukan artikel yang sedang anda butuhkan Sekarang. Jangan lupa untuk menyebarluaskan informasi Cara Kerja Mesin Dua Langkah ini untuk orang orang terdekat anda, Bagikan infonya melalui fasilitas layanan Share Facebook maupun Twitter yang tersedia di situs ini.
Back To Top
close