Yulia Amira Blogs !!

Pengertian Studi Dokumentasi Serta Kelebihan Dan Kekurangannya.

Pengertian Studi Dokumentasi Serta Kelebihan Dan Kekurangannya. - Selamat datang di blog Yulia Amira !!, Info kali ini adalah tentang Pengertian Studi Dokumentasi Serta Kelebihan Dan Kekurangannya. !! Semoga tulisan singkat dengan kategori Seputar Pendidikan !! Seputar Pengetahuan Umum !! ini bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. Dan untuk anda yang baru berkunjung kenal dengan blog sederhana ini, Jangan lupa ikut menyebarluaskan postingan bertema Pengertian Studi Dokumentasi Serta Kelebihan Dan Kekurangannya. ini ke social media anda, Semoga rezeki berlimpah ikut di permudahkan sang khalik yang maha kuasa, Selengkapnya lansung lihat infonya dibawah -->


Pengertian Studi Dokumentasi Serta Kelebihan Dan Kekurangannya. Studi dokumentasi atau yang biasa disebut dengan kajian dokumen merupakan teknik pengumpulan data yang tidak langsung ditujukan kepada subjek penelitian dalam rangka memperoleh informasi terkait objek penelitian. Dalam studi dokumentasi, peneliti biasanya melakukan penelusuran data historis objek penelitian serta melihat sejauhmana proses yang berjalan telah terdokumentasikan dengan baik. Berikut adalah penjelasan seputar pengertian Studi Dokumentasi, Kekurangan dan kelebihannya.

Definisi Studi Dokumentasi

Menurut Sugiyono pengertian Studi dokumentasi merupakan suatu teknik pengumpulan data dengan cara mempelajari dokumen untuk mendapatkan data atau informasi yang berhubungan dengan masalah yang diteliti.

Menurut Danial studi dokumentasi adalah mengumpulkan sejumlah dokumen yang diperlukan sebagai bahan data informasi sesuai dengan masalah penelitian, seperti peta, data statistik, jumlah dan nama pegawai, data siswa, data penduduk; grafik, gambar, surat-surat, foto, akte, dsb.

Terdapat dua jenis dokumen yang digunakan dalam studi dokumentasi yaitu:
    1. Dokumen primer yaitu, dokumen yang ditulis langsung oleh orang yang mengalami peristiwa.

    2. Dokumen sekunder yaitu, dokumen yang ditulis kembali oleh orang yang tidak langsung mengalami peristiwa berdasarkan informasi yang diperoleh dari orang yang langsung mengalami peristiwa.


    Kelebihan Studi Dokumentasi

    1. Untuk subjek penelitian yang sulit, studi dokumentasi dapat memberikan jalan untuk melakukan penelitian
    2. Karena studi dokumentasi tidak dilakukan secara langsung dengan orang, maka data yang diperlukan tidak terpengaruh oleh kehadiran peneliti atau pengumpulan data.
    3. Analisis longitudinal, menjangkau jauh ke masa lalu.
    4. Dengan dokumen-dokumen yang tersedia, teknik ini memungkinkan untuk mengambil sampel yang lebih besar karena biaya yang diperlukan relatif kecil.

    Kekurangan Studi Dokumentasi

    1. Dokumen yang dibuat tidak untuk keperluan penelitian.
    2. Tersedia secara selektif. Tïdak semua dokumen dipelihara untuk dapat dibaca ulang oleh orang lain.
    3. Tidak Iengkap. Karena tujuan penulisan dokumen berbeda dengan tujuan penelitian.
    4. Format yang tidak baku. Sejalan dengan maksud dan tujuan penulisan dokumen yang berbeda dengan tujuan penelitian, maka formatnya juga dapat bermacam-macarn sehingga bisa mempersulit pengumpulan data.



      Demikianlah Artikel Pengertian Studi Dokumentasi Serta Kelebihan Dan Kekurangannya., Semoga dengan adanya artikel singkat seperti Informasi postingan Pengertian Studi Dokumentasi Serta Kelebihan Dan Kekurangannya. ini, Anda benar benar sudah menemukan artikel yang sedang anda butuhkan Sekarang. Jangan lupa untuk menyebarluaskan informasi Pengertian Studi Dokumentasi Serta Kelebihan Dan Kekurangannya. ini untuk orang orang terdekat anda, Bagikan infonya melalui fasilitas layanan Share Facebook maupun Twitter yang tersedia di situs ini.
      Back To Top
      close