Yulia Amira Blogs !!

NASA, Permukaan Bulan Menonjol Akibat Tertarik Gravitasi Bumi

NASA, Permukaan Bulan Menonjol Akibat Tertarik Gravitasi Bumi - Selamat datang di blog Yulia Amira !!, Info kali ini adalah tentang NASA, Permukaan Bulan Menonjol Akibat Tertarik Gravitasi Bumi !! Semoga tulisan singkat dengan kategori Bulan !! ini bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. Dan untuk anda yang baru berkunjung kenal dengan blog sederhana ini, Jangan lupa ikut menyebarluaskan postingan bertema NASA, Permukaan Bulan Menonjol Akibat Tertarik Gravitasi Bumi ini ke social media anda, Semoga rezeki berlimpah ikut di permudahkan sang khalik yang maha kuasa, Selengkapnya lansung lihat infonya dibawah -->


Bulan. Image credit: weirdwarp
Kebanyakan diantara kita hanya mengetahui efek gravitasi bulan terhadap Bumi yakni terjadinya efek pasang surut air laut, tapi belum mengetahui efek dari gravitasi Bumi terhadap Bulan. Nah baru-baru ini ilmuwan NASA menunjukkan fakta yang mengejutkan tentang efek / dampak gravitasi Bumi terhadap Bulan.

Seperti yang diterbitkan dalam jurnal Geophysical Research Letters dikemukakan bahwa akibat dari gravitasi Bumi adalah terjadinya perubahan / deformasi permukaan Bulan. Deformasi sendiri adalah perubahan bentuk, posisi, dan dimensi dari suatu benda / objek. Erwan Mazarico seorang peneliti dari MIT yang bekerja pada NASA Goddard Space Flight Center dengan menggunakan wahana LRO (Lunar Reconnaissance Orbiter) dan GRAIL (NASA's Gravity Recovery and Interior Laboratory), menemukan fakta bahwa permukaan Bulan yang menghadap ke Bumi mengalami penonjolan / meninggi sekitar 20 kaki (6 meter) daripada daerah di sisi gelap Bulan. Perubahan ini tentunya tidak bisa kita lihat dengan mata telanjang terlebih jika kita melihatnya dari Bumi, karena begitu kecilnya perubahan ini dan terjadi sangat perlahan. Proses deformasi ini terus terjadi pada permukaan Bulan tergantung dari perubahan sudut orbitnya terhadap Bumi. (UPI, Adi Saputro/ www.astronomi.us)


Demikianlah Artikel NASA, Permukaan Bulan Menonjol Akibat Tertarik Gravitasi Bumi, Semoga dengan adanya artikel singkat seperti Informasi postingan NASA, Permukaan Bulan Menonjol Akibat Tertarik Gravitasi Bumi ini, Anda benar benar sudah menemukan artikel yang sedang anda butuhkan Sekarang. Jangan lupa untuk menyebarluaskan informasi NASA, Permukaan Bulan Menonjol Akibat Tertarik Gravitasi Bumi ini untuk orang orang terdekat anda, Bagikan infonya melalui fasilitas layanan Share Facebook maupun Twitter yang tersedia di situs ini.
Back To Top
close