Yulia Amira Blogs !!

Kekuatan Dahsyat yang Tak Kasat Mata

Kekuatan Dahsyat yang Tak Kasat Mata - Selamat datang di blog Yulia Amira !!, Info kali ini adalah tentang Kekuatan Dahsyat yang Tak Kasat Mata !! Semoga tulisan singkat dengan kategori Astronomi !! Misi dan Riset !! ini bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. Dan untuk anda yang baru berkunjung kenal dengan blog sederhana ini, Jangan lupa ikut menyebarluaskan postingan bertema Kekuatan Dahsyat yang Tak Kasat Mata ini ke social media anda, Semoga rezeki berlimpah ikut di permudahkan sang khalik yang maha kuasa, Selengkapnya lansung lihat infonya dibawah -->


Citra sinar X yang diambil oleh teleskop XMM-Newton. Image credit: ESA
Saat kita memandang langit khususnya di malam hari, apa yang kita lihat?? kemungkinan yang bisa kita lihat hanyalah bulan, planet lain dan bintang-bintang saja. Tapi sebenarnya ada kekuatan super dahsyat yang tidak bisa kita lihat dengan mata kita yakni kekuatan alam semesta yang dipancarkan melalui gelombang sinar X. Dengan menggunakan teleskop luar angkasa ESA XMM-Newton, kita bisa melihat dahsyatnya spektrum energi alam semesta melalui pendaran sinar X yang tidak kasat mata.

Gambar di atas merupakan foto citra spektrum sinar X yang diambil oleh teleskop XMM-Newton dan terlihat bahwa banyaknya titik-titik kecil putih yang berarti itu adalah lubang hitam supermasif yang sedang aktif melahap apapun yang ada disekitarnya. Aktifitas itu memancarkan sinar X yang sangat kuat sehingga bisa diterima teleksop. Pada obyek yang lebih besar berwarna merah merupakan sinar X yang berasal dari gugusan galaksi atau cluster galaksi yang terdiri dari ribuan galaksi di dalamnya. Galaksi-galaksi di dalam cluster ini melepaskan sinar X sebagai hasil dari proses difusi mereka.

Kuat tidaknya sinar X yang diterima bergantung pada jarak dan kekuatan dari pancaran sinar X yang dihasilkan oleh obyek dan rata-rata obyek di atas berjarak jutaan tahun cahaya dari Bumi. (PHS, Adi Saputro/ www.astronomi.us)


Demikianlah Artikel Kekuatan Dahsyat yang Tak Kasat Mata, Semoga dengan adanya artikel singkat seperti Informasi postingan Kekuatan Dahsyat yang Tak Kasat Mata ini, Anda benar benar sudah menemukan artikel yang sedang anda butuhkan Sekarang. Jangan lupa untuk menyebarluaskan informasi Kekuatan Dahsyat yang Tak Kasat Mata ini untuk orang orang terdekat anda, Bagikan infonya melalui fasilitas layanan Share Facebook maupun Twitter yang tersedia di situs ini.
Back To Top
close