Yulia Amira Blogs !!

Wahana Opportunity Temukan Batu Misterius di Mars

Wahana Opportunity Temukan Batu Misterius di Mars - Selamat datang di blog Yulia Amira !!, Info kali ini adalah tentang Wahana Opportunity Temukan Batu Misterius di Mars !! Semoga tulisan singkat dengan kategori Mars !! ini bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. Dan untuk anda yang baru berkunjung kenal dengan blog sederhana ini, Jangan lupa ikut menyebarluaskan postingan bertema Wahana Opportunity Temukan Batu Misterius di Mars ini ke social media anda, Semoga rezeki berlimpah ikut di permudahkan sang khalik yang maha kuasa, Selengkapnya lansung lihat infonya dibawah -->


Pada foto sebelah kiri dihari ke 3528, batu jelly doughnut belum ada, tapi selang beberapa hari yakni hari ke 3540, muncullah batu tersebut. Klik gambar untuk memperbesar. Image credit: NASA/JPL-Caltech
Setelah lama menjelajahi permukaan planet Mars selama lebih kurang sepuluh tahun sejak mendarat Januari 2004, wahana Opportunity banyak memberikan penemuan yang mengejutkan kita semua. Salah satunya adalah misteri sebuah batu yang sangat aneh dan sampai saat ini ilmuwan belum mengetahui dari mana batu ini berasal. Karena setelah dilihat dengan seksama, batu itu tampaknya berbeda dari batu yang ada di sekelilingnya. Batu itu seperti tanah liat yang baru terbentuk. Pertanyaannya mungkinkah saat ini di Mars memungkinkan untuk terbentuknya tanah liat seperti itu?? Menurut para ilmuwan tanah liat hanya bisa terbentuk puluhan atau bahkan ratusan juta tahun yang lalu saat planet tersebut masih dalam keadaan "basah" yang memiliki tingkat keasaman netral.  Batu aneh ini disebut oleh ilmuwan sebagai jelly doughnut yang berarti Donat Jelly.

Pada foto sebelumnya di hari ke 3528 batu tersebut belum ada, namun anehnya pada foto yang diambil hari 3540, batu itu tiba-tiba muncul dan menampakkan diri. Lalu dari manakah sebenarnya batu itu berasal ???

Ilmuwan Steve Squyres dari Cornell University yang mewakiliki NASA memberikan dua jawaban. Bisa jadi akibat manuver dari wahana Opportinity atau bisa juga merupakan material yang keluar sebagai akibat dari tumbukan meteorit atau proses dari dalam Mars sendiri. Namun untuk kepastiannya, mereka akan menelitinya lebih lanjut. "Mars bukanlah tempat yang statis (tetap) tapi ada proses yang berjalan di dalamnya", ungkap Squyres. (SP, Adi Saputro/ www.astronomi.us)


Demikianlah Artikel Wahana Opportunity Temukan Batu Misterius di Mars, Semoga dengan adanya artikel singkat seperti Informasi postingan Wahana Opportunity Temukan Batu Misterius di Mars ini, Anda benar benar sudah menemukan artikel yang sedang anda butuhkan Sekarang. Jangan lupa untuk menyebarluaskan informasi Wahana Opportunity Temukan Batu Misterius di Mars ini untuk orang orang terdekat anda, Bagikan infonya melalui fasilitas layanan Share Facebook maupun Twitter yang tersedia di situs ini.
Back To Top
close