Yulia Amira Blogs !!

Saking Kuatnya, Gaya Gravitasi Galaksi Ini Bisa Membelokkan Cahaya

Saking Kuatnya, Gaya Gravitasi Galaksi Ini Bisa Membelokkan Cahaya - Selamat datang di blog Yulia Amira !!, Info kali ini adalah tentang Saking Kuatnya, Gaya Gravitasi Galaksi Ini Bisa Membelokkan Cahaya !! Semoga tulisan singkat dengan kategori Galaksi !! ini bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. Dan untuk anda yang baru berkunjung kenal dengan blog sederhana ini, Jangan lupa ikut menyebarluaskan postingan bertema Saking Kuatnya, Gaya Gravitasi Galaksi Ini Bisa Membelokkan Cahaya ini ke social media anda, Semoga rezeki berlimpah ikut di permudahkan sang khalik yang maha kuasa, Selengkapnya lansung lihat infonya dibawah -->


Foto galaksi cluster Abell S1077 yang dambil oleh teleskop Hubble. Saking kuatnya gravitasi sampai-sampai mampu membelokkan dan melengkungkan cahaya. Image credit: ESA/Hubble & NASA
Teleskop Hubble kembali membuat kejutan. Kali ini teleskop Hubble berhasil mengambil foto galaksi cluster (galaxy clusters) Abell S1077. Galaksi ini sangat istimewa karena memiliki gravitasi yang sangat kuat dan saking kuatnya sampai-sampai bisa membelokkan cahaya.

Galaksi cluster adalah suatu kelompok besar galaksi dimana setiap galaksi memiliki jutaan bintang. Galaksi cluster merupakan struktur terbesar di alam semesta dan setiap galaksi di dalamnya mempunyai hubungan gravitasi yang saling tarik-menarik.

Gravitasi yang sangat kuat itu memberikan efek seperti lensa pembesar sehingga seolah-olah cahaya dari sebuah galaksi terlihat melengkung dan menjadi garis-garis karena terdistorsi oleh gravitasi tersebut. Manfaat positifnya, kita bisa melihat obyek yang jauh dibelakang galaksi yang secara normal tidak bisa kita lihat. Dengan cahaya yang menjelma menjadi garis tadi, kita jadi bisa melihatnya.

Astronom menggunakan galaksi cluster untuk melihat dan menemukan obyek lain yang lebih jauh di alam semesta dikarenakan efek gravitasinya yang berkerja seperti kaca pembesar alami. (PHS, Adi Saputro/ www.astronomi.us)


Demikianlah Artikel Saking Kuatnya, Gaya Gravitasi Galaksi Ini Bisa Membelokkan Cahaya, Semoga dengan adanya artikel singkat seperti Informasi postingan Saking Kuatnya, Gaya Gravitasi Galaksi Ini Bisa Membelokkan Cahaya ini, Anda benar benar sudah menemukan artikel yang sedang anda butuhkan Sekarang. Jangan lupa untuk menyebarluaskan informasi Saking Kuatnya, Gaya Gravitasi Galaksi Ini Bisa Membelokkan Cahaya ini untuk orang orang terdekat anda, Bagikan infonya melalui fasilitas layanan Share Facebook maupun Twitter yang tersedia di situs ini.
Back To Top
close