Yulia Amira Blogs !!

Pengertian Struktur Kristal Logam BCC, FCC, BCT

Pengertian Struktur Kristal Logam BCC, FCC, BCT - Selamat datang di blog Yulia Amira !!, Info kali ini adalah tentang Pengertian Struktur Kristal Logam BCC, FCC, BCT !! Semoga tulisan singkat dengan kategori Materi Kuliah !! ini bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. Dan untuk anda yang baru berkunjung kenal dengan blog sederhana ini, Jangan lupa ikut menyebarluaskan postingan bertema Pengertian Struktur Kristal Logam BCC, FCC, BCT ini ke social media anda, Semoga rezeki berlimpah ikut di permudahkan sang khalik yang maha kuasa, Selengkapnya lansung lihat infonya dibawah -->


Body Centered Cubic (BCC)

Pengertian Unit struktur BCC sesuai namanya berbentuk bentuk kubus dimana terdapat atom-atom disetiap pojoknya dan satu berada ditengah. Pada temperatur dibawah 1333⁰F (723⁰C) struktur kristal besi besi berupa BCC dan dinamakan besi alpha atau ferrite. Logam lain yang mempunyai struktur seperti ini yaitu: chromium, colombium, barium, vanadium, molybdenum dan tugsten.

Struktur Kristal BCC



Soal : Arah penumpukan panjang AR = √ 3a
Dik : APF untuk BCC = 0,68

APF =  2 ⁴/₃⫪(√3 a/⁴)³ / a³            ⇒ a = 2(√3 a/⁴) = 2√3 × R = 2,35

APF =  2 ⁴/₃⫪(1)³ / 12,97 = 2,66⫪ / 12,97 = 0,20⫪

Ket : Atom / unit sel
         Pangkat 3 → Volume / atom
         a³ ⇉ Volume / unit sel.


Face Centered Cubic (FCC)

Atom-atom kalsium, aluminium, tembaga, timbal, nickel, emas dan platina. Membentuk suatu struktur kristal dengan sebuah atom di tiap-tiap pojok kubus dan satu ditengah disetiap sisi kubus. Jika besi berada diatas temperatur kritis, maka susunan atomnya berbentuk FCC dan namakan besi gamma atau austenite.


Soal
Dik :  APF    FCC = 0,74
         Arah penumpukan panjang = 4R= √2a
Jawab : a = 2√2 × R = 2√2 × 0,74 = 2

APF = 4 ⁴/₃⫪(√2 a/₄)³ / a³
        = 4 ⁴₃⫪(√2 ²/₄)³  / 2³
        = 4 ⁴/₃⫪ . 0,70 / 8
        = 2,73⫪/ 8
        = 0,46⫪

Catatan : isi unit sel 6 × ¹/₂ + 8 × ¹/₈ = 4 atom / unit sel
Pangkat ³ → vol/atom   a³ ⇒ vol.unit sel


Body Centered Tetragonal (BCT)

Kubus pusat tetragonal adalah kubus pusat bidang yang berubah akibat pendinginan yang cepat. Rusuk-rusuknya tidak sama panjang a=c≠b. Atom-atom pada setiap sudut kubus, jumlah atom 14.


Struktur Kristal BCT
Sekian dari saya tentang artikel Pengertian Struktur Kristal Logam BCC, FCC, BCT dan terimakasih telah membaca artikel ini semoga bermanfaat bagi yang membacanya.


Demikianlah Artikel Pengertian Struktur Kristal Logam BCC, FCC, BCT, Semoga dengan adanya artikel singkat seperti Informasi postingan Pengertian Struktur Kristal Logam BCC, FCC, BCT ini, Anda benar benar sudah menemukan artikel yang sedang anda butuhkan Sekarang. Jangan lupa untuk menyebarluaskan informasi Pengertian Struktur Kristal Logam BCC, FCC, BCT ini untuk orang orang terdekat anda, Bagikan infonya melalui fasilitas layanan Share Facebook maupun Twitter yang tersedia di situs ini.
Back To Top
close